Get In Touch
[email protected]
Ph: +62.858.784.79.668
Work Inquiries
[email protected]
Ph: +62.858.784.79.668

Cara Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di Google Chrome

Apa yang Menyebabkan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Muncul?

Sebagian orang pasti kebingungan ketika halaman situs yang memuat tulisan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN muncul di layar komputer atau smartphone. Untungnya, error seperti ini kerap terjadi dan bukan masalah besar.

Domain Name System – atau yang disingkat DNS – merupakan tipe sistem yang mempermudah pengguna internet ketika hendak mengakses suatu website. Alih-alih mengetikkan alamat IP, mereka hanya perlu memasukkan alamat URL di bar pencarian browser. Nantinya DNS akan mengirimkan permintaan ke database online dan mencari alamat IP yang terhubung ke URL tersebut.

Apabila DNS tidak berhasil menemukan IP dan URL yang cocok, web browser akan menampilkan pesan error. Error ini tidak hanya terjadi di Google Chrome, tapi juga Mozilla Firefox. Pada Mozilla, pesan error ini biasanya bertuliskan “We can’t connect to the server at example.com”.

Apa itu DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN?

Alasan untuk DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN biasanya karena kesalahan konfigurasi atau masalah dengan DNS Anda. DNS adalah kependekan dari Domain Name System, yang membantu mengarahkan lalu lintas di internet dengan menghubungkan nama domain dengan server web yang sebenarnya. Pada dasarnya, dibutuhkan permintaan yang ramah manusia – nama domain seperti amdsnk.com – dan menerjemahkannya menjadi alamat IP server yang ramah komputer – seperti 216.3.128.12.

Cloud Hosting Indonesia

Ketika pengguna memasukkan URL di browser web mereka, DNS mulai bekerja untuk menghubungkan URL itu ke alamat IP server yang sebenarnya. Ini disebut resolusi nama DNS dan melibatkan rekursor DNS yang menanyakan berbagai server nama untuk mengetahui alamat IP server yang sebenarnya. Jika DNS gagal untuk menyelesaikan nama domain atau alamat maka Anda mungkin menerima kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Bagian NXDOMAIN adalah singkatan dari Non-Existent Domain. Ada beberapa variasi berbeda dari kesalahan ini tergantung pada browser yang Anda jalankan.

Cara Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

1. Release dan Perbarui IP Address

Karena ini biasanya merupakan masalah DNS sisi klien, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba Release dan perbarui alamat IP di komputer Anda. Ini juga termasuk membersihkan cache DNS lokal Anda, yang mirip dengan cache browser.

Windows

Di Windows cukup buka Command Prompt dengan menekan tombol logo Windows dan R. Kemudian ketik cmd dan tekan Enter.

Command Prompt box

Ketik ipconfig /release dan tekan Enter. Ini akan me”Release” alamat IP Anda saat ini.

command prompt containing ipconfig /release

Kemudian ketik ipconfig /flushdns dan tekan Enter. Ini akan membersihkan cache DNS lokal Anda. Anda akan melihat pesan “Successfully flushed the DNS resolver Cache” jika berhasil.

command prompt containing ipconfig /flushdns

Kemudian ketik ipconfig /renew dan tekan Enter. Ini akan memperbarui alamat IP Anda.

command prompt containing ipconfig /renew

Anda juga dapat mencoba menyetel ulang setelan IP dan katalog Winsock dengan perintah berikut: netsh int ip set dns dan netsh winsock reset.

Cara alternatif untuk flush dan renew DNS Anda adalah dengan menonaktifkan adaptor jaringan Anda dan mengaktifkannya kembali.

Mac

Untuk release and renew IP address Anda di Mac, buka System Preferences…

Mac system preferences menu

Klik di ikon network lalu klik “Advanced.”

Mac network advanced menu

Klik TCP/IP tab jika Anda belum melakukannya. Kemudian klik tombol “Perbarui DHCP”.

Sama seperti yang kami lakukan di atas di Windows, pengguna Mac juga dapat menghapus cache DNS lokal mereka. Meski dilakukan di tempat yang berbeda. Pergi ke Utilitas dan kemudian klik “Terminal.”

Mac terminal with utilities section selected

Masukan command berikut:

dscacheutil -flushcache

Mac terminal showing how to Flush DNS cache

Catatan: Tidak ada pesan sukses di Mac.

2. Restart DNS Client Service

Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat mencoba me “Restart” layanan klien DNS yang akan menyelesaikan dan men-cache nama domain DNS.

Cukup buka Command Prompt dengan menekan tombol logo Windows dan R. Kemudian ketik “services.msc” dan tekan Enter.

Command prompt containing services.msc

Scroll ke bawah ke “DNS Client,” klik kanan, dan pilih “Restart.”

Services options highlighted to show how to Restart DNS client service in Windows

Jika opsi “Restart” berwarna abu-abu untuk Anda (seperti halnya bagi kami), cara alternatif untuk melakukannya adalah melalui Command Prompt.

Buka Command Prompt dengan menekan tombol logo Windows dan R. Kemudian ketik cmd dan tekan Enter.

Command prompt containing 'cmd'

Lalu masukan command/ perintah berikut:

net stop dnscache
net start dnscache

Bergantung pada versi Windows yang Anda jalankan, Anda mungkin mendapatkan pesan error yang mengatakan:

The requested pause, continue, or stop is not valid for this service.

Hal ini kemungkinan besar karena Anda perlu menjalankan CMD sebagai network untuk mengeluarkan perintah. Jika Anda mengalami error ini, kami sarankan untuk mencoba alternatif lain di bawah ini terlebih dahulu.

3. Ubah DNS Servers

Hal berikutnya yang dapat Anda coba adalah mengubah server DNS Anda. Secara default, server DNS ditetapkan secara otomatis oleh ISP Anda. Namun Anda dapat mencoba mengubahnya untuk sementara ke server DNS publik, seperti Google atau Cloudflare.

  • Beberapa lebih suka menggunakan DNS publik Google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) untuk jangka panjang karena terkadang lebih dapat diandalkan.
  • Cloudflare juga baru saja meluncurkan DNS gratis baru yang aman dan sangat cepat (1.1.1.1 dan 1.0.0.1) yang akan kita gunakan dalam contoh ini. Jika Anda ingin menggunakan Google langkahnya sama, Anda cukup mengganti alamat server DNS dengan Google.

Tip: Jika Anda sudah menggunakan server DNS gratis dan mengalami masalah, menghapusnya dan mengembalikannya ke server DNS ISP Anda terkadang juga memperbaiki beberapa hal.

Windows

Di Windows cukup buka Command Prompt dengan menekan tombol logo Windows dan R. Kemudian ketik “control panel” dan tekan Enter.

Command prompt showing how to Run Control Panel in Windows

Klik “Network and Internet” lalu “Network and Sharing Center.” Di bagian kiri, klik pada “Change Adapter Settings.”

Network and Sharing Center in Change adapter settings section

Klik kanan pada koneksi Anda saat ini, ini akan menjadi “Local Area Connection” atau “Wireless Network Connection” berdasarkan cara Anda terhubung. Kemudian klik “Properti.”

Wireless connection menu with properties selected

Select Internet Protocol Version 4 (atau IPv6 if desired) dan klik “Properties.”

Wireless network connection properties with 'Internet Protocol Version 4' highlighted

Catat pengaturan yang ada jika Anda sewaktu-waktu perlu kembali. Klik “Use the following DNS server addresses.” Masukkan yang berikut ini, atau ganti yang sudah ada dengan ini:

Untuk IPv4: 1.1.1.1 and 1.0.0.1
Untuk IPv6: 2606:4700:4700::1111 and 2606:4700:4700::1001

DNS server addresses with Preferred DNS Server set to 1.1.1.1 and alternative DNS server set to 1.0.0.1

Klik OK, lalu Close. Restart browser Anda.

Mac

Untuk merubah DNS servers di Mac, buka System Preferences…

Mac system preferences

Klik network ikon lalu klik“Advanced.”

Mac network advanced button

Klik tab “DNS”.

Mac Network DNS menu box

Kemudian tambahkan alamat server DNS Cloudflare.

Untuk IPv4: 1.1.1.1 and 1.0.0.1
Untuk IPv6: 2606:4700:4700::1111 and 2606:4700:4700::1001

4. Mengatur Ulang/ Reset Chrome Flags

Terkadang setelan Chrome atau fitur eksperimental dapat diubah atau dikacaukan secara tidak sengaja. Anda dapat mengatur ulang kembali ke default dengan memasukkan chrome://flags ke browser Anda dan mengeklik “Reset all to default.”.

Reset all to default button in Chrome flags

Lalu restart browser Anda.

5. Menonaktifkan Sementara VPN dan Antivirus

Terkadang VPN dan perangkat lunak Antivirus dapat bentrok atau menimpa setelan jaringan Anda, termasuk server DNS Anda, dll. Jika Anda menjalankannya, coba nonaktifkan sementara untuk melihat apakah itu menyelesaikan error DNS probe finished nxdomain di Chrome.

6. Mengecek File Local Host

Setiap komputer memiliki apa yang mereka sebut sebagai file local host. Ini adalah file yang berisi entri DNS manual yang dipetakan ke alamat IP tertentu. Biasanya ini hanya diedit saat Anda ingin melihat pratinjau DNS sebelum beralih domain ke host baru. Namun, ada banyak cara berbeda untuk mengubah atau mengedit file ini. Oleh karena itu, jika tidak ada opsi di atas yang berfungsi untuk Anda, ada baiknya memeriksa ulang file local host Anda untuk memastikan situs web yang Anda coba akses tidak ada di sana.

Windows

File host biasanya memerlukan akses tambahan. Jadi langkah pertama adalah membuka editor teks Anda sebagai administrator. Cukup klik pada menu “Start”, cari editor teks, klik kanan padanya dan pilih “Run as administrator.” Ini dapat dilakukan di editor teks apa pun seperti Notepad, Notepad++, Atom, dll.

Di dalam editor teks Anda, klik File → Buka dan telusuri ke lokasi berikut:

C:\Windows\System32\drivers\etc\

Klik hosts file dan “Open.”

open hosts file with hosts selected

Periksa kembali dan pastikan situs web yang Anda coba kunjungi tidak tercantum di sana. Jika ya, hapus.

Mac

Untuk memeriksa file host Anda di Mac, sebaiknya gunakan Gas Mask. Ini adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan sebagai pengelola file host, editor file host, dan beralih di antara keduanya. Itu membuat semuanya cepat dan mudah! Jika tidak, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengedit file host Anda di Mac secara manual.

Buka ke Utilities dan kemudian klik “Terminal.”

Mac terminal with Utilities menu highlighted

Masukkan perintah berikut dan tekan Enter (kemungkinan besar Anda juga akan dimintai kata sandi administrator).

sudo nano /private/etc/hosts

Mac terminal with Hosts file

Periksa kembali dan pastikan situs web yang Anda coba kunjungi tidak tercantum dalam file host Anda. Jika ya, hapus.

7. Periksa DNS Dari Domain Anda

Jika Anda hanya mendapatkan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN pada satu domain, bahkan setelah memeriksa file host, Anda mungkin perlu memeriksa setelan DNS pada nama domain itu sendiri. Jika Anda baru saja memigrasikan situs web Anda ke penyedia hosting baru, mungkin DNS salah di-cache di komputer Anda. Dalam hal ini, Langkah 2 di atas seharusnya menyelesaikannya.

8. Restart Komputer Anda

Kami tahu itu menjengkelkan, tetapi itu harus disebutkan. Jika tidak ada opsi di atas yang berfungsi, coba mulai ulang komputer Anda dan bahkan router Anda. Kami menyadari banyak dari Anda mungkin memiliki ratusan tab atau aplikasi yang terbuka dan itulah mengapa kami menjadikan ini sebagai opsi terakhir. Tetapi me-reboot perangkat sebenarnya menghapus banyak cache sementara.

9. Menghubungi Provider Internet

Apabila kedelapan cara di atas tidak juga mengatasi error situs tidak dapat dijangkau, alternatifnya adalah mematikan dan menyalakan kembali router internet. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Cabut (unplug) modem dan reouter, lalu tunggu selama 30 detik.
  2. Sambungkan (plug) kembali modem dan tunggu selama dua menit.
  3. Lakukan hal yang sama di router.
  4. Cek jika error masih ada.

Jika cara ini juga tak kunjung mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN, segera hubungi provider internet. Kemungkinan besar terjadi kendala di sisi mereka atau mereka akan mencarikan solusi untuk Anda.

*Dilansir dari berbagai sumber.

Author avatar
amandasoenoko
https://amdsnk.com

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *